26
Mar
10

BUDIDAYA TANAMAN KAKAO/COKLAT

BUDIDAYA TANAMAN KAKAO/COKLAT

About these ads

8 Responses to “BUDIDAYA TANAMAN KAKAO/COKLAT”


  1. 1 satimo agung
    March 29, 2010 at 13:42

    ya ide bagus klo gitu, trus gimana di cara mendptkan bibitnya? memang tuk pembudidayaan perkebunan coklat. belum pernah terpikirkan didaerah sana. dengan ide itu sanagt bagus.

  2. March 30, 2010 at 11:28

    makasih satimo atas kunjungannya. begini kalau masalah mendapatkan bibit kakao/coklat ma tidak susah bagi saya. maka dari itu saya berpikir kenapa ngak ya disana kan banyak tanah yang spacenya belum dimanfaatkan dan saya pikir tanah sana juga cocok untuk ditanamin kakao/coklat. saya sudah ada tinggal membawa kesananya yg belum untuk bibit tersebut. ya mungkin belum terpikirnya itu orang-orang sana belum mengenal tanaman kakao/coklat itu makanya mulai sekarang saya pribad akan mengenalkan tanaman itu. mungkin untuk contoh nya dari kebon saya sendiri nanti kalau sudah keliatan nyata, pasti orang-orang sana banyak yang tertarik karena tanaman itu boleh diblang bisa dengan sistem tumpangsari. saya kira itu yg saya informasika ke satimo apabila nanti kurang jelas silahkan tanya lagi dan untuk cara – cara berkeb0n kakao satimo bisa membaca artikel diatas tentunya akan membantu cara penanaman pohon kakao walaupun belum memuaskan tentunya buat acuan dasar sudah bisa. sekali lagi saya ucapkan terima kash ke satimo.

    • 3 satimo agung
      April 4, 2010 at 12:07

      yo sama-sama saya pribadi juga sangat setuju dengan ide diatas, terus kira-kira kapan bisa dimulai persiapan bibitnya itu? sebab lahan saya banyak yg tidak dimaanfaatkan dengan ada usulan pengenalan untuk buat kebun tersebut saya sangat tertarik sekali. karena orang-orang disana tidak ada yg perpikir sedangkan perangkat2x aja tidak ada pemikiran seperti itu, ya saya memaklumi karena tidak pernah diadakan studi banding oleh pemerintah setempat. dan semua itu tentang peningkatan – peningkatan dari segi apapun sangat lamban, karena para perangkat yang sangat minim dari segi pengetahuannya. dan saya sangat setuju moga – moga semua berhasil. semangat maju untuk kampung halamat kita.

  3. 4 Ginan Nuruzama
    April 30, 2010 at 02:58

    aslm alkm. watupasar. saya ginan dari dinas pertania dan peternakan di prov. banten dan saya buka wibside anda saya tertarik. disini saya ingin mmenanyakan beberapa hal.
    1. untuk daerah yang anda promosikan yaitu gunturharjo, apa kendala disana bila untuk mengembangkan peternakan?
    2. menurut blog anda anda ingin mengembangkan tanaman jenis kakao/coklat, apakah menngenai bibit jenis itu ada yang sudah siap menyusplay?
    3. apakah pemerintah daerah yang tercantum diwibside yaitu gunturharjo wonogiri sudah pernah mengadakan penyuluhan atau memperkenalkan tanaman ke masyarakat yang bersangkutan?

    kira 3 pertanyaan yg itu dulu ditunggu jawabannya.

    • April 30, 2010 at 05:44

      waalaikum salam ghi. kamasih atas kunjungannya.
      tumenjawan pertanyaan ginan.
      1. oooo tentu ada kendalanya ada yaitu mengenai soal makanan ternak di daerah gunturharjo dan pada umumnya daerah kec. paranggupito daerahnya memang susah air. apalagi bila musim kemarau air untuk ebutuhan manusia aja susah. Bila musim kemarau para petani disana yang mempunyai ternak sapi untuk makannya saja beli dan harganya pun mahal sekali. klo untuk peternaan commercial saya kira tidak mungki. cuma diblog ini ada tema mengangkat tip ternak/ ilmu beternak hanya untuk panduan atau pengetahuan saja. bila saat nanti ada yang memerlukan beternak yg baik dengan hasil yang bagus itu saja.
      2. betul maksud saya ingin mengembangkan tanaman kakao/coklat itu, guna meningkatkan penghasilan para petani disana, kenapa tidak dicoba, dan memanfaatkan lahan yg masih banyak kosong untuk ditanamin pohon kakao guna menambah sumber penghasilan para petani sana yng biasannya hanya dari tanaman padi, palawija, kayu dan kelapa yaitu membuat produksi rumah tangga yaitu membuat gula merah kelapa. yang selama ini didaerah saya sangat menolong kehidupang para petani sana. mungkin menjadi sumber utama para masyarakat sana dari nderes kelapa untuk membuat gula. oleh karenanya sistem pertanianya yang bergantung pada air huja saja. dan sistem bertanam pertanian nya dengan tumpang sari saja.
      3. ya mengenai masalah pemerintah sana memberi penyuluhana pada para petani saya kira pernah cuma kapasitas penyuluhannya saya tidak tau persis sih, kenapa begitu tidak banyak tau sebab sejak dari saya masih tinggal di daerah sana sampai sekarang perkembagannya dibilang tidak ada. itu semua dilakukan oleh para petani sendiri dengan pengalaman otodidak. apalagi di beri sumbangan bibit unggul saya rasa sedikit kemungkinan tidak pernah, salah satu contoh bibit padi saja disana apabila panen mutu padinya sangat jelek. semua tu urang perhatian ya yg paling dekat yng menanggani pertanian lingkungan kelurahan dulu baru ke tingkat atasnya belum ada yg berpikir bagaimana para penatani sana tu pada saat musim panen dengan hasilnya yg bagus mutunya, dan meningat. belum ada disana tuk penelitiannya saja. keliatan pemerintah atau petani tidak/ belum ada untuk saling memberi informasi mengenai peningkatan penghasilan petani. maka kesempatan ini saya ingin memperkenalkan tanaman kakao/coklat pada masyarakat kampung saya pada masa kecil saya guna menambah penghasilan dari berebun tanaman kakao. saya berpikir tanah didaerah sanan sebenarja cocok di tanamin beberapa jenis tanaman, dan kenapa tidak dicoba terlebig duhulu dengan jenis tanaman kakao/coklat ini. dan saya yakin ini pasti akan berhasil karena apa untuk tanaman kakao/coklat ini digolong sangat mudah yaitu dengan sistem taman tumpangsari bisa. saya kira yg saya bisa untuk menjawab pertanyaan ada ya dengan ruang lingkut pengetahuan saya sendiri. apa bila tidak sesuai harapan pertanyaan anda saya minta maaf. dan terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda. wasalam

  4. 6 Titik W
    April 30, 2010 at 12:55

    kalau didaerah pegunungan bisa ga..

    • April 30, 2010 at 16:39

      @ Titik w. makasih ya kalau suhu/iklim di daerah Gunturgarjo pegunungan kecil cocok juga untuk ditanamin pohon kakao/coklat. karena tanah disitu dibilang sangat subur namun kendala hanya perairannya saja yg sistem petaninya hanya tadah hujan. ya daerah situ suhu dan cuacanya sangat mendung . maka tanaman kakao/coklat bisa di kembangkan, untuk menambah penghasilan petani, juga tanaman kakao tidak tergolong tanamnya khusus, bisa juga dengan sistem tumpangsari.

  5. 8 bolsos online outlet
    December 18, 2012 at 10:28

    It’s really a nice and helpful piece of info. I am satisfied that you shared this useful information with us. Please keep us informed like this. Thank you for sharing.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Categories

March 2010
F S S M T W T
« Feb   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TEMPAT WISATA DI GUNTURHARJO

More Photos

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: