23
Sep
11

HARIMAU SILUMAN

“KEPERCAYAAN HARIMAU MENGGABIL MAYAT YANG DIKUBUR”

Mungkin dijaman yang modern ini bila di piker dengan akal sehat dan logika salah satu binatang yang tergolong buas dan memang kategori Karnipora, yaitu harimau bisa mengambil mayat yang sudah di kubur dengan tidak mengali kubur itu hal yang mustahil. Tetapi di sekitar kampong kami dan daerah kami berasal itu kejadian nyata bisa mengambil mayat yang baru dikubur, waktu rawan jenazah diantara 1 sampai dengan 7 hari.

Peristiwa ini yang sering terjadi di antaranya kabupaten Pacitan, wonogiri dan Daerah Istimewa Yogyakarta bagian perbatasa – perbatasan dengan kabupaten tersebut masih di percayain dan sekitar bulan mei 2011 di kampong kami, peristiwa itu terjadi dan mengemparkan warga sekitar kampong kami. Dan kuburan dan rumah orang yang meninggal dunia itu di jaga ketat oleh warga saling bergantian dan di kuburan salah satu orang yang meninggal bernama Lek Bomin warga Balong, Gunturharjo, Paranggupito Kabupaten Wonogiri, yang mana tempat kuburan lek Bomin tersebut saat itu bak ibarat ada pertunjukan sirkus, sebab warga di sekitar daerah kami itu selain menjaga juga ada yang datang ingin membuktikan kejadian tersebut.

Sebenernya kejadiaan seperti itu kalau menurut kepercayaan orang-orang disana sudah mempunyai tanda dan cirri yaitu dilihat dari waktu dan hari saat lahir ( istilahnya wetonnya), bisa juga bila wanita belum pernah menikah dan pada waktu meninggalnya sudah bisa di ketahui untuk mewaspadai kejadiaan itu, dan kelurga dari seorang yang meninggal sudah mempersiapkan untuk menjaga dikuburan ada yang di opah dan ada dibantu warga masyarakat tetangganya.

Namum sudah banyak kejdian itu masyarakat di daerah sana seperti di sekitar tetangga kampung dan kampung kami kebanyakan diupah, karena takut keluarganya yang meninggal jenazah diambil harimau maka penjagaannya tidak hanya cukup di kuburan tempat memakamnya tetapi juga di jaga dan bekas tempat memandikan jenazah juga di jaga dan dibuat api ungun. Menurut kepercayaan dan keyakinan yang berlaku disana bila harimaunya itu bisa menjilat bekas memandikan jenazah itu, jenazah yang sudah dikubur itu dengan mudah untuk keluar dengan sendirinya tidak memakai dengan cara mengali harimaunya tersebut.
Maka dengan cara memandikannya mayat tersebut sebelum dimandikan dihalaman rumah jenahah dibuatkan lubang agat air bekas menandikannya tidak mengalir kemana-mana, bila mengalir kemana mana dengan mudah dan kesempatan harimau tersebut bisa menjilat bekas air mandi, dengan dibuatkan lubang air terkumpul dilubang dan lubang ditutup diatasnya dibakar dibuat api ungun seluas yang terkena bekas air memandikan jenazah. Dengan itu kecil kemungkinan jenazah bisa diambil bila keduanya di lakukan, dikuburan dijaga dan tempat bekas mandinya dibakarin buat api ungun dan juga dijaga orang.

Menurut kepercayaan orang-orang daerah tersebut diatas yang lebih rawan bila orang yang lahir, Hari Selasa Kliwon, Jum’at Kliwon, Lahir Menjelang Magrib (dengan sebutan julung caplok, meninggal menjelang magrib dan memang ada seseorang yang menurut kepercayaan orang daerah itu, orangnya mempunyai ilmu dan keturunan dari nenek moyangnya dengan sebutan (kemas).

Dan orang didaerah sana memang betul ada yang tiap malam jum’at di teras rumahnya terlihat harimaunya yaitu dengan sebutan kemas tersebut. Dan bila ada seorang yang mempunyai itu sebenarnya hari mau yang di rumahnya tidak bahaya. Hanya dia menjaga bahwa orang tersebut satu keluarga dan tidak menganggu tetangga sekeling yang mempunyai keturunan dan kepercayaan itu selama tidak berbuat jahat di rumah orang tersebut.

Saya dendiri selama sebelum ada kejadian di bulan Mei 2011 dengan mitos itu tidak percaya, sebab saya berpikir dengan akal sehat dan logika bahwa harimau masa mampu mengambil mayat yang sudah di kubur sedangkan kalau orang-orang di kampong kami membuat liang lahat untuk mengubur jenazah itu dengan kedalaman 2 meter. Yang harimau dengan mengandalkan kuku tentu tidak bisa sedangkan manusia saja untuk mengali dengan alat lengkap. Dan kami berpikir kembali semua itu sudah dengan kekuasaan Allah. Tetap itu bukan karena apa kejadiian didunia ini semua dengan kehendah Allah tak’ala.


0 Responses to “HARIMAU SILUMAN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Categories

September 2011
F S S M T W T
« Dec   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

TEMPAT WISATA DI GUNTURHARJO

More Photos

%d bloggers like this: